20 Feb 2014

Instalasi Windows Server 2012 R2 dengan Metode VHD Native Boot (Cara 1: Install dari DVD/USB Drive)

Kadang-kadang kita menginginkan dual-boot OS di komputer kita, tapi tidak mau mengubah partisi yang sudah ada. Microsoft punya jalan tengah untuk ini. Install Windows di VHD (Virtual Hard Drive).

Tapi tidak semua OS Windows bisa menggunakan metode ini. Berikut adalah versi Windows yang mendukung VHD Native Boot.

- Windows 7 Enterprise dan Ultimate
- Windows 8 dan 8.1 Professional dan Enterprise
- Windows Sever 2008 R2 Enterprise dan Datacenter
- Windows Server 2012 dan 2012 R2 Datacenter

Selain OS yang akan kita install, OS yang sudah terinstal pun menentukan OS apa yang bisa kita install dengan menggunakan VHD native boot. Hal ini disebabkan perbedaan boot manager Windows 8/2012 dengan Windows 7/2008 R2. Boot manager Windows 8/2012 membutuhkan 350 MB ruang di hard drive, sementara Windows 7/2008 R2 secara default hanya menggunakan 100 MB ruang di harddisk.

Akibatnya, jika kita memiliki komputer yang sudah terinstall Windows 7/2008 R2, kemungkinan kita akan mengalami kesulitan untuk menggunakan VHD native boot Windows 8/2012, tapi tidak sebaliknya. Boot manager Windows 8/2012 bisa dengan mudah menagani VHD native boot Windows 7/2008 R2.
Tanpa basa basi, mari kita mulai prosesnya.

Persiapan

Tools yang dibutuhkan untuk melakukan proses instalasi Windows dengan VHD native boot kali ini adalah DVD atau bootable USB drive yang berisi installer Windows. Untuk membuat Windows installert bootable USB drive bisa dilihat di post sebelumnya.

Sebelum proses instalasi dimulai, pastikan BIOS sudah diset untuk boot ke DVD atau USB (sesuai tools yang kita pilih), atau memalu pop-up boot menu dari BIOS (biasanya dengan menekan F11 atau F12 saat boot).



Proses Instalasi

Proses instalasi dilakukan sebagaimana instalasi Windows secara normal dengan DVD atau USB (lihat post sebelumnya). Pada saat mencapai proses memilih drive untuk instalasi, tekan Shift + F10 untuk membuka command prompt.


Ketik command berikut:

md D:\VHD
diskpart
create vdisk file=”D:\VHD\Windows81.vhd” maximum=64000 type=expandable
attach vdisk

Catatan:
Perintah di atas akan membuat sebuah VHD di folder VHD di drive D dengan maksimum kapasitas 64 GB dan bertipe dynamically expanding.











Tutup command prompt dan klik Refresh

Virtual disk yang kita buat tadi akan muncul sebagai opsi instalasi. Warning bisa diabaikan. Pilih disk baru dan lanjutkan instalasi seperti biasa.

Jika instalasi berhasil, maka kita akan menemui menu untuk memilih OS saat boot.














Jika kita lihat Disk Management, tampilanya akan terlihat seperti ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar